BREAKING NEWS

Saturday, December 6, 2014

70 PETANI DIAJARI MENGEMAS HASIL OLAHAN PERTANIAN

petani
TANGERANG SELATAN,korantangsel.com- Tak kurang 70 petani dari tujuh kecamatan di Tangerang Selatan (Tangsel) diajarkan membuat kemasan olahan hasil pertanian. Para petani ini dituntut untuk mampu memasarkan hasil olahan pertaniannya ke pasar tradisional dan pasar modern.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Tangsel Dadang Rahardja mengatakan dewasa ini kemasan menjadi salah satu bagian penting dari penjualan produk. Dengan menggunakan kemasan menarik, diakuinya hasil produksi dapat dengan mudah dilemparkan ke pasaran.

"Apalagi Tangsel menjadi satu-satunya daerah di Banten yang memiliki Rumah Sentra Pengemasan, ini menjadi nilai plus agar hasil pertanian di Tangsel dapat lebih diterima di masyarakat," katanya.

Produk kemasan ini dapat dikelola di rumah sentra kemasan yang dibangun oleh Kementerian diluas 9x10 meter. Adanya sentra rumah kemasan, pihaknya berusaha mengajarkan para petani untuk bisa membuat kemasan lebih baik lagi dengan diadakannya latihan ini.

Sementara, Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie menjelaskan pelatihan tersebut dapat memberikan nilai tambah untuk produk hasil pertanian yang ada di Tangsel. “Tadi saya liat daftar hadir, banyak ibu-ibu dan bapak-bapak dari berbagai perajin keripik, opak dan sebagainya, dengan diberikan pelatihan ini menggugah ibu-ibu untuk bisa memperbaiki produk kemasannya,” jelasnya.

Meski Tangsel bukan merupakan daerah pertanian, namun Benyamin berharap hasil pertaniannya ini dapat dikemas dan diperdagangan dengan nilai jual yang tinggi, dengan kemasan yang menarik konsumen.


(korantangsel.com, crr003)

Share this:

 
Copyright © 2014 RANSEL. Designed by OddThemes