MENGANGKAT MOTIF BATIK BETAWI DI HARI BATIK NASIONAL - RANSEL
Headlines News :
Home » » MENGANGKAT MOTIF BATIK BETAWI DI HARI BATIK NASIONAL

MENGANGKAT MOTIF BATIK BETAWI DI HARI BATIK NASIONAL

Written By ADMIN on Sunday, October 5, 2014 | 12:59 PM

living world
TANGERANG SELATAN,korantangsel.com- Menyambut hari Batik Nasional kali ini, PENDOPO turut serta memperingatinya dengan mengangkat koleksi busana Batik bertema “Eksotisme Pesisir”. Karena  Batik sarat dengan teknik, simbol, dan budaya, Batik hadir dalam nuansa pesisir yang lebih kaya warna dan motif, sehingga menjadi koleksi yang diangkat Pendopo kali ini.

Untuk lebih memeriahkan Hari Batik Nasional, Pendopo juga mengadakan serangkaian kegiatan bertema “I Love Batik Indonesia” seperti mencanting Batik raksasa tepat di Hari Batik Nasional tanggal 2 Oktober, yang diikuti oleh Putri Indonesia 2014, Elvira Devinamira.

Karena Batik merupakan warisan budaya dan karya asli Bangsa Indonesia yang telah menjadi salah satu identitas Indonesia dimata Internasional, bahkan UNESCO telah mencatat Batik Indonesia kedalam “Warisan Kemanusiaan dan Budaya Lisan dan Nonbenda (Materpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 yang kemudian ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional.

Pada kesempatan ini pula, Pendopo memperkenalkan koleksi terbarunya yaitu Batik Betawi yang ternyata sudah ada sejak jaman Belanda. Konon pada saat itu kawasan pal merah, senayan, Tanah Abang dan daerah pinggir ibu kota bernama Terogong yang menjadi sentra Batik Betawi ini.

Untuk menghidupkan kembali Batik Betawi yang unik ini, Pendopo menghadirkan koleksi dari Batik Terogong, yang mengangkat motif ciri khas yang ada di masyarakat Betawi ataupun Lambang-lambang yang menggambarkan Jakarta sebagai Ibu Kota seperti Ondel-ondel, penari Ngarojeng, Tanjidor, Monas dan patung Pancoran. Ada juga motif flora yang sudah langka di temui di Jakarta seperti tapak liman, mengkudu dan ceremai.

Tak ketinggalan, berbagai kegiatan sarat budaya lainnya seperti talk show Batik Betawi, fashion show, Batik fun bike, lomba mewarnai pola Batik anak, lomba tari Daerah serta bazaar & exhibition Batik Designer dari berbagai koleksi disainer Batik Indonesia seperti Alleira, Batik Muda, Danar Hadi, Batik harni, Aksen Tropis, Batik Farhan, Batik Fadly’s, Batik Terogong, dan asesoris pelengkap seperti tas dan sepatu etnik dari D’arcadia maupun Cameo, ikut memeriahkan  dalam acara Hari Batik Nasional yang di selenggarakan di Living World Alam Sutra.


Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA