SMPN 1 & SMPN 19 KOTA TANGERANG, SUPPORT PROGRAM ADIWIYATA - RANSEL
Headlines News :
Home » » SMPN 1 & SMPN 19 KOTA TANGERANG, SUPPORT PROGRAM ADIWIYATA

SMPN 1 & SMPN 19 KOTA TANGERANG, SUPPORT PROGRAM ADIWIYATA

Written By ADMIN on Wednesday, March 5, 2014 | 10:09 PM

program adiwiyata
TANGERANG RAYA,korantangsel.com- Dunia pendidikan adalah salah satu tempat terjadinya proses pembelajaran untuk membentuk sumber daya manusia yang cerdas dan beradab. Sehingga pada akhirnya diharapkan berhasil mencetak manusia yang mampu memanfaatkan potensi dan kekayaan alam Indonesia secara arif untuk kesejahteraan tanpa merusak lingkungannya. Salah satu program yang mendukung tujuan tersebut adalah Program Adiwiyata.

Program Adiwiyata merupakan salah satu program Kementerian Negara Lingkungan Hidup dalam rangka mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup. Dalam program ini diharapkan setiap warga sekolah ikut terlibat dalam kegiatan sekolah menuju lingkungan yang sehat serta menghindari dari dampak lingkungan yang negatif.Tujuan dari program Adiwiyata adalah menciptakan kondisi yang baik bagi sekolah, sehingga dikemudian hari warga sekolah tersebut dapat turut bertanggungjawab dalam upaya-upaya penyelamatan lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan.

Kota Tangerang yang memiliki Visi  “Kota Tangerang Sebagai Kota Industri, Perdagangan Dan Permukiman Yang Ramah Lingkungan Dalam Masyarakat Yang Berakhlak Mulia” tentu membutuhkan sumber daya manusia yang tangguh, dan untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan pendidikan/pembelajaran yang baik.

Sebagai upaya mendorong hal tersebut, Pemerintah Kota Tangerang melalui Badan Pengendalian Lingkungan Hidup (BPLH) melakukan pembinaan terhadap sekolah yang ada wilayah Kota Tangerang untuk menerapkan Program Adiwiyata
SMPN 1 Kota Tangerang mendukung penuh Program Adiwiyata hal ini ditanamkan dengan mewajibkan semua guru-guru untuk menanam pohon dilingkungan sekolah, menurut Kepala sekolah Ibu Sumiati Sp. MPd, " dalam melakukan gerakan mencintai lingkungan seperti ini harus diawali oleh para pendidik dilingkungan sekolah, kalau kepala sekolah, guru-guru, penjaga sekolah, staf tata usaha, mau peduli terhadap lingkungan dengan menjaga, merawat, memelihara pohon setiap hari, maka dengan sendirinya anak-anak di sekolah akan melihat teladan dan akhirnya menjadi budaya kepedulian yang mengakar alam akhlak anak didiknya"

Jadi program adiwiyata bukan soal tujuan namun bagaimana ini menjadi motivasi untuk membangun karakter budaya anak dalam menjaga dan melestarikan lingkungan di sekitar dia tinggal, bukan hanya di sekolah akan tetapi di rumahnya itu yang menjadi harapan dari semua guru-guru di SMPN 1 Tangerang.

Selain itu, untuk mendukung Progam Adiwiyata di SMPN 19 mengembangkan TOS ( Tanaman Obat Sekolah ), " kami terus melakukan sosialisasi program adiwiyata melalui pendidikan bebasis lingkungan dengan praktek langsung mengajak anak-anak dalam merawat tanaman-tanaman sekalian tanaman obat-obatan  ini bisa bermanfaat bukan hanya sekadar menanam" kata pak Drs, Suherlan Kasubag TU di SMPN 19 Kota Tangerang saat di wawancarai tim reporter www.korantangsel.com.


(korantangsel.com, jhon mukmin kusnendar)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA