HARMONIA : HATI-HATI, PENYAKIT JAMUR KULIT DAPAT MENULAR - RANSEL
Headlines News :
Home » » HARMONIA : HATI-HATI, PENYAKIT JAMUR KULIT DAPAT MENULAR

HARMONIA : HATI-HATI, PENYAKIT JAMUR KULIT DAPAT MENULAR

Written By ADMIN on Monday, February 17, 2014 | 11:14 PM

martha
KESEHATAN, korantangsel.com- Penyakit infeksi jamur terbilang masih memiliki prevalensi yang cukup tinggi di Indonesia. Iklim yang tropis dan kelembaban udara cukup tinggi, menjadikan penyakit jamur kulit mudah sekali menyerang masyarakat Indonesia.

dr. Martha Saulina, SpKK, Dokter Spesialis Kulit RS Awal Bros, Klinik Kulit dan Kecantikan Harmonia mengatakan, jamur kulit biasanya berkembang biak pada bagian kulit lembab dan tersembunyi, seperti di selangkangan, ketiak, disela jemari kaki, lipatan kulit lengan, lipatan kulit daun telinga, dan kuku jari tangan maupun kaki.

“Bagian tubuh tersebut menjadi daerah favorit bagi jamur untuk berkembang biak. Sebab, kelembaban dan sering kering sehabis mandi menjadi faktor utama jamur muncul,” katanya.

jamur

Martha menambahkan, mengenai penularan, jamur kulit mudah sekali tertular melalui persinggungan kulit, udara, dan bisa melalui mediaapapun yang tidak steril. Selain itu, dapat menular melalui bantal, pakaian atau handuk yang dipakai secara bergantian dengan orang yang terkena infeksi jamur kulit.

 “Ciri-cirinya mudah untuk dikenali, yaitu kulit menjadi kemerahan, bersisik, terjadi penebalan kulit, dan terasa gatal. Namun, penyakit ini tidak hanya disebabkan oleh satu jenis jamur saja,  pada area kulit yang terinfeksi jamur terasa gatal sekali, terutama saat berkeringat. Karena, jamur menjadi aktif berkembang biak dalam keadaan lembab atau basah,” ungkapnya.

Sebenarnya penyakit jamur itu bisa diobati. Namun jika pengobatannya tidak tuntas, jamur akan muncul kembali. Kemungkinan lain yang dapat terjadi adalah jika kita salah memilih obat anti jamur atau jenis jamur tidak mempan dengan obat anti jamur biasa. Kalau sudah seperti ini, sebaiknya diperiksa ke dokter kulit. Untuk pemilihan obat jamur dan anti parasit topikal yang tepat, ada baiknya kita periksakan diri dan konsultasi ke dokter spesialis kulit.



Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA