ROKOK DAN ALKOHOL PICU KANKER RONGA MULUT - RANSEL
Headlines News :
Home » » ROKOK DAN ALKOHOL PICU KANKER RONGA MULUT

ROKOK DAN ALKOHOL PICU KANKER RONGA MULUT

Written By ADMIN on Thursday, September 5, 2013 | 11:43 AM

KANKER RONGGA MULUT
KESEHATAN,korantangsel.com- Sariawan kerap dianggap sebagai gangguan sepele. Hampir setiap orang pasti pernah mengalami sariawan alias luka atau lesi yang muncul di rongga mulut. Namun meskipun sepele, sariawan atau luka di mulut harus tetap diwaspadai. Apalagi jika sariawan terjadi berulang dan butuh waktu lama untuk sembuh, yaitu lebih dari 14 hari.

“Harus diwaspadai. Kemungkinan ini kanker rongga mulut,” kata  DR.dr. Noorwati Sutandyo, Sp.PD.KHOM, Spesialis Penyakit Dalam Mayapada Hospital. Menurut Noorwati, kanker mulut merupakan bagian dari kanker kepala dan leher. Di mana, kanker ini dapat berkembang dalam setiap bagian dari rongga mulut atau orofaring. Hampir sebagian besar kanker mulut bisa ditandai dengan sariawan yang terjadi, dan muncul di mukosa pipi bagian dalam, bibir bagian dalam, lidah serta langit-langit.

Noorwati menambahkan, tanda-tanda awal kanker ini biasanya muncul berupa gambaran putih dan kemerahan pada sariawan atau luka. Setelah itu, luka akan berubah menjadi tukak (menonjol) dan terasa keras. Gejala lain, Noorwati menuturkan, rasa nyeri dan kelenjar getah bening di leher terasa sakit dan sedikit bengkak.

“Initinya, penyakit ini disebabkan karena seringnya mengkonsumsi bahan kimia yang merangsang mulut. Seperti rokok dan minuman alkohol,” tegasnya.

Walaupun hingga saat ini kanker rongga mulut jauh lebih sedikit dibandingkan penyakit kanker lainnya, namun tingkat survival ratependeritanya jauh lebih kecil. Sebab, kanker ini tergolong jenis kanker berbahaya dan sulit disembuhkan. Selain itu, banyaknya persarafan di seputar rongga mulut juga membuat nyeri para penderita kanker ini.

 “Rata-rata pasien ini tidak dapat bertahan hidup, karena kurangnya asupan makanan. Bahkan jangankan kanker, sariawan biasa saja sudah membuat penderita sulit makan,” paparnya.

Oleh karena itu, lanjut Noorwati, untuk mencegah dan menghindari kanker rongga mulut, menjaga rongga mulut, tidak merokok dan tidak minum minuman beralkohol menjadi kunci utamanya. Rajin makan makanan berserat dan berolah raga. Jika muncul sariawan, boleh saja diobati dengan obat sariawan. Tetapi bila tidak kunjung sembuh, segeralah ke dokter. Bila ditemukan pada stadium awal, kanker rongga mulut bisa diatasi dengan baik.
      
(korantangsel.com- id)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA