BREAKING NEWS

Monday, July 15, 2013

TARI SEKAPUR SIRIH PROVINSI JAMBI DAN RIAU

tari sekapur sirih
HIBURAN,korantangsel.com- Provinsi Jambi dan Riau memiliki Tarian Khas yaitu Tari Sekapur Sirih yang memiliki makna keagungan dalam menggerakkan tubuh dengan lembut dan halus yang menyatu dengan iringan musik serta syair yang ditunjukkan bagi para tamu besar dalam acara tertentu.

Tari Sekapur Sirih merupakan kesenian tari selamat datang, yang diperuntukan kepada tamu-tamu besar, selain itu Tari Sekapur Sirih juga terkenal di Negara Malaysia sebagai tarian wajib kepada tamu besar dan tamu kehormatan, dengan sambutan hati yang putih dan tulus serta muka yang jernih menunjukkan keramahtamahan bagi tetamu yang dihormati.

Tari Sekapur Sirih dilakukan oleh 13 penari, 9 orang penari perempuan, dan 3 orang penari laki-laki, dan 1 orang yang bertugas membawa payung serta 2 orang pengawal.

Alat-alat ataupun yang digunakan tari sekapur sirih diantaranya adalah cerona atau wadah yang berisikan lembaran daun sirih, payung dan keris serta pakain baju kurung adat jambi dan satu lagi yaitu iringan musik langgam melayu dengan alat musik yang terdiri dari biola, gambus, akordion, rebana dan gong serta gendang.

Meskipun kita tidak memahami Tarian Sekapur Sirih sedikitnya kita bisa mengetahui kalau nenek moyang terdahulu sering memainkan Tarian Sekapur Sirih ini khususnya di Daerah Provinsi Jambi dan Riau.


(korantangsel.com-ayla)

Share this:

 
Copyright © 2014 RANSEL. Designed by OddThemes