TARIAN RAKYAT MELAYU “KUDA KEPANG” - RANSEL
Headlines News :
Home » » TARIAN RAKYAT MELAYU “KUDA KEPANG”

TARIAN RAKYAT MELAYU “KUDA KEPANG”

Written By ADMIN on Wednesday, May 29, 2013 | 5:37 AM

kuda kepang
HIBURAN,korantangsel.com- Seiring anak muda jaman sekarang yang sudah banyak melupakan kesenian dari para nenek moyang terdahulu salah satunya adalah kesenian Tari Kuda Kepang, tarian ini merupakan sejenis dari tarian rakyat melayu yang memang warisan budaya jawa.

Terdapat berbagai pendapat mengenai asal usul tarian ini. Ada pendapat yang mengaitkan asal usulnya dengan “Wali Songo” yang hidup di Tanah Jawa pada abad ke-15, ada pula di kaitkan dengan Saidina Ali untuk meniru gerak langkah bala tenteranya, maka lahirlah Tarian Kuda Kepang, pendapat lain pula dengan tarian ini dari Alam Kayangan, seekor kuda kayangan bernama Kuda Sembrani dikatakan turun di Jawa untuk mencari kawannya yang telah hilang.
.
Menurut kepercayaan, Tari Kuda Kepang ini dikuasai oleh sejenis kuasa ghaib, lantaran itu, satu upacara khas perlu dilakukan sebelum bermain jika ia gagal memainkannya mungkin sesuatu yang tidak diingini akan menimpa para pemain dan juga penontonnya, upacara ini bermula dengan istiadat memuja roh ghaib, setelah itu bomoh akan menjampi untuk istiadat membuka gelanggang yang biasanya berukuran 40’ dengan 60’.



Satu perkara yang menarik di dalam tarian ini ialah kerana seringnya terdapat beberapa orang penari akan “naik syeikh” (mabuk) atau "masuk isim" setelah persembahan rasmi tamat, tarian Kuda Kepang dipercayai hendaklah diletakkan disuatu tempat khusus. Jika diletakkan di sembarangan tempat roh kuda kepang itu akan mengamuk dan merosakkan pertunjukan-pertunjukan yang akan datang.

Alat alat yang dimainkan  kuda kepang salah satunya  gendang yang memang alat utama, dan angklung, serta gong, kinong, jidor, soron kecil dan yang terakhir adalah boning, bagaimanapun tidak semua alat ini digunakan dalam satu-satu tarian, dan betuk pakain serta seragam terserah para pemain kuda kepang.

Meskipun kita tidak tau asal-usul adanya kesenian Tari Kuda Kepang, sedikitnya kita harus tau bahwa nenek moyang kita terdahulu pernah memainkan serta melestarikan kesenian Tari Kuda Kepang ini.


(korantangsel.com-ayla)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA