BREAKING NEWS

Sunday, April 28, 2013

EMPAT JAM BERSAMA DK CONSULTANT DALAM MEMBUAT SOP SERVICE


DK consultant
TANGERANGSELATAN,korantangsel.com- Di dalam sebuah perusahaan, prosedur operasional service (SOP) memang sangat penting. Ini diakui oleh Djoko Kurniawan, DK Counsulting Group saat mengisi 4 hours classPembuatan SOP Service (25/4) tepatnya di Fame Hotel, Gading Serpong.

Menurutnya, SOP merupakan suatu pedoman yang digunakan untuk memastikan bahwa setiap keputusan, langkah atau tindakan yang dilaksanakan telah berjalan dengan efektif, konsisten, terstandarisasi dan sistematis.

“SOP memiliki banyak peran dan dapat digunakan sebagai pedoman kebijakan, kegiatan, birokrasi administrasi, evaluasi dan integrasi,” katanya di depan peserta seminar. Dengan adanya SOP di dalam suatu perusahaan, maka dapat mengurangi perbedaan dalam sistem yang menjadi kendala dalam efisiensi produk dan pengontrolan kualitas dan membantu dalam pelatihan personil baru sebagai sumber referensi bagi pelatih personil.

Selain memberikan penjelasan mengenai manfaat dan fungsi SOP, seminar ini pun diisi oleh pembuatan SOP dengan baik. Dan sebelum membuat SOP, Djoko menambahkan, alangkah baiknya jika perusahaan memperhatikan beberapa hal, antara lain :

1.     Melakukan proses penyusunan SOP, yaitu, lakukan interview. Seperti, susun pertanyaan untuk proses interview, atur jadwal interview dengan pimpinan atau staf terkait, catat informasi yang diperoleh mengenai alur proses, penanggung jawab, formulir atau dokumen yang dibutuhkan.
2.     Lakukan observasi lapangan, Proses ini sangat penting, agar menghindari persepsi yang salah dari hasil interview untuk memperoleh data tambahan dari aktivitas yang ada.
3.     Susun draf prosedur.
4.     Lakukan diskusi dan pembahasan draf dengan penanggung jawab terkait.
5.     Lakukan revisi, dan
6.     Lakukan simulasi dan uji coba implementasi

(korantangsel.com-id)

Share this:

 
Copyright © 2014 RANSEL. Designed by OddThemes