MENCEGAH PENYAKIT ASAM URAT - RANSEL
Headlines News :
Home » » MENCEGAH PENYAKIT ASAM URAT

MENCEGAH PENYAKIT ASAM URAT

Written By ADMIN on Thursday, March 28, 2013 | 1:46 AM


KESEHATAN,korantangsel.com- (kesehatan) Mencegah asam urat yang dimaksudkan dalam pembahasan ini adalah suatu upaya atau cara mencegah asam urat melebihi batas normal yang direkomendasikan secara medis. Perlu diketahui, secara medis kadar asam urat normal pada pria dan perempuan berbeda. Kadar asam urat normal pada pria berkisar 3,5 – 7 mg/dl dan pada perempuan 2,6 – 6 mg/dl. Kadar asam urat diatas normal disebut hiperurisemia.

Perjalanan penyakit yang klasik biasanya dimulai dengan suatu serangan atau seseorang memiliki riwayat pernah cek asam uratnya tinggi di atas 7 mg/dl, dan makin lama makin tinggi.

Jika demikian, kemungkinannya untuk menjadi penyakit asam urat (gout) itu makin besar. Biasanya 25% orang yang asam uratnya tinggi akan menjadi penyakit asam urat. Bila kadar asam urat tinggi tapi tidak ada gejala serangan sendi ini disebut stadium awal. Pada setiap orang berbeda-beda. Ada yang bertahun-tahun sama sekali tidak muncul gejalanya, tetapi ada yang muncul gejalanya di usia 20 tahun, 30 tahun, atau 40 tahun.

Mencegah asam urat yang disebabkan oleh faktor primer
Faktor primer penyebab asam urat dan pencegahannya:

Potensi Genetik 
Potensi genetik untuk seseorang berpotensi terkena penyakit asam urat adalah bersifat turunan. Ada seseorang yang memang dari segi gen dia punya potensi untuk teridap penyakit asam urat. Untuk merubah sifat gentik memang sangat sulit bahkan bisa dibilang mustahil dan bukan di sini pembahasannya. Tapi jangan khawatir, orang yang memang sdh punya gen pembawa asam urat insya Allah masih bisa terbebas dari asam urat asal faktor-faktor penyebab yang lain bisa dikendalikan baik faftor dari dalam dalam seperti ketidak seimbangan hormon maupun faktor dari luar seperti asupan makanan. 
 
Ketidakseimbangan Hormon
Terlebih dahulu, apa yang perlu anda ketahui mengenai Hormon?  Hormon adalah pembawa pesan kimiawi antarsel atau antarkelompok sel. Hormon beredar di dalam sirkulasi darah dan fluida sel untuk mencari sel target. Ketika hormon menemukan sel target, hormon akan mengikat protein reseptor tertentu pada permukaan sel dan mengirimkan sinyal. Reseptor protein akan menerima sinyal tersebut dan bereaksi baik dengan mempengaruhi ekspresi genetik sel atau mengubah aktivitas protein selular, termasuk di antaranya adalah perangsangan atau penghambatan pertumbuhan serta apoptosis (kematian sel terprogram), pengaktifan atau penonaktifan sistem kekebalan tubuh, pengaturan metabolisme dan persiapan aktivitas baru (kawin, merawat bayi), atau fase kehidupan (misalnya pubertas dan menopause). Pada banyak kasus, satu hormon dapat mengatur produksi dan pelepasan hormon lainnya. Hormon juga mengatur siklus reproduksi pada hampir semua organisme multiselular.

Ketidakseimbangan hormon sangat dipengaruhi oleh antara lain:
1. Ketidakseimbangan emosi dan pola hidup yang tidak teratur
2. Penumpukan racun dalam tubuh
3. Radikal bebas

Cara mencegah dan mengatasi penyakit asam urat akibat ketidak seimbangan hormon adalah diantaranya:
1. Selalu menjanga emosi dan selalu berfikir positf
2. Lakukan pola hidup yang baik dengan menyeimbangkan masa aktif dan istirahat
2. Melakukan detoksifikasi atau pengeluaran cacun dalam tubuh. 

Cara mencegah asam urat karena penyebab ini:
1. Hindarkan sama sekali dari minuman beralkohol krn lebih byk negatifnya
2. Hindarkan sebisa mungkin dari obat-obatan kimia kecuali kondisi darurat. Usahan menjadikan obat-obatan herbal sebagai alternatif utama dan pertama sebelum terpaksa menggunakan obat-obatan kimia.
(korantangsel.com-ahmad baihaqi)

Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA