MANFAAT JAHE BAGI KESEHATAN - RANSEL
Headlines News :
Home » » MANFAAT JAHE BAGI KESEHATAN

MANFAAT JAHE BAGI KESEHATAN

Written By ADMIN on Tuesday, March 19, 2013 | 4:14 AM



KESEHATAN,korantangsel.com-jahe atau nama ilmiahnya zingiber officinale sudah tak asing bagi kita. hampir sebagian besar masakan bernuansa daging di  indonesia,selalu menggunakan bumbu masak ini terutama untuk mengurangi bau amis daging atau ikan.

begitu akrabnya kita dengan jahe sehingga di tiap daerah jahe memiliki berbagai nama sebutan seperti halia (aceh), bahing (batak karo), sipadeh atau sipodeh (sumatera barat), jahi (lampung), jae (jawa), jahe (sunda), jhai (madura), pese (bugis) lali (irian).

tanaman ini memiliki bau harum dan rasa pedas sehingga banyak kalangan di indonesia menggunakannya sebagai salah satu bahan campuran untuk membuat minuman hangat. minuman ini biasanya digunakan untuk mengusir masuk angin dan menghilangkan rasa pegal sehabis bekerja.

tapi sebenarnya khasiat jahe tak hanya sampai di situ saja.  sejak dulu jahe banyak dipergunakan orang sebagai obat. hal ini karena konon jahe dapat merangsang kelenjar pencernaan, baik untuk membangkitkan nafsu makan maupun melancarkan pencernaan karena dapat  memperkuat lambung. Sebab minyak asiri yang dikeluarkan rimpang jahe dapat merangsang selaput lendir perut besar dan usus.

minyak jahe yang berisi gingerol juga diyakini dapat mengobati rasa mual dan ingin muntah akibat mabuk kendaraan. rasa hangat dari jahe ini juga dapat membantu kita mengeluarkan gas usus serta membantu fungsi jantung.

di kalangan praktisi pengobatan tradisional asia, jahe juga dipakai untuk mengobati selesma, batuk, diare dan penyakit radang sendi tulang seperti artritis. jahe juga dipakai untuk meningkatkan pembersihan tubuh melalui keringat. sementara bagi dunia modern telah banyak penelitian yang menyatakan bahwa jahe dapat bermanfaat menurunkan tekanan darah, membantu pencernaan, mencegah penggumpalan darah maupun pereda rasa sakit. peneliti-penelit modern ini juga menyatakan penggunaan ‘ramuan tradisional’ jahe in baik segar maupun kering, berkhasiat dalam mengatasi infeksi bakteri, infeksi jamur, kejang, nyeri, luka serta gangguan lambung, tumor, kram dan reaksi alergi.

sedangkan daun jahe juga berkhasiat, antara lain untuk obat kompres pada sakit kepala dan dapat dipercikan ke wajah orang yang sedang menggigil. sedangkan rimpangnya ditumbuk dan direbus dalam air mendidih selama lebih kurang ½ jam, kemudian airnya dapat diminum sebagai obat untuk memperkuat pencernaan makanan, mengusir gas dalam tubuh, mengobati hati yang membengkak, batuk dan demam.

ada banyak lagi manfaat tanaman jahe bagi kesehatan kita, maka tak salah kalau kita kemudian perlu menyisakan sedikit lahan bagi keberadaan jahe di lokasi apotik hidup kita. selamat mencoba. 
(korantangsel-w-2 dari berbagai sumber)



Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA