BREAKING NEWS

Monday, December 25, 2023

Tahun 2024 Pemkot Akan Tingkatkan Modal Pinjaman Program Tangerang Emas


BISNIS, korantangsel.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang sedang mengkaji dan menimbang untuk meningkatkan modal pinjaman dalam program Tangerang Emas (Ekonomi Masyarakat Sejahtera) yang semula Rp2 juta menjadi Rp5 juta per pelaku usaha. 


"Angka ini diperuntukkan bagi pelaku usaha yang sudah lunas pada pinjaman pertama, tanpa tunggakan atau cicilan dinyatakan lancar. Sehingga, program yang menjadi salah satu unggulan peningkatan ekonomi lokal ini, perlu dipertahankan dan dilanjutkan di tahun mendatang," kata Kepala Disperindagkop UKM, Kota Tangerang, Suli Rosadi.

Ia menjelaskan program Tangerang Emas pada tahun 2024 akan kembali dilanjutkan, karena manfaatnya dirasakan oleh pelaku usaha dalam membantu pengembangan usaha. Di mana program ini bekerjasama dengan Bank Jawa Barat (BJB), yakni pinjaman modal usaha oleh satu kelompok berisi lima sampai 10 pelaku usaha tanpa biaya bunga dan bebas agunan. Nilai pinjaman yang diterima pun bervariasi, mulai dari Rp500 ribu hingga Rp2 juta setiap pelaku usaha. 

Disperindagkop mencatat sejak diluncurkan pada 2019 hingga 2023, program Tangerang Emas dirasakan manfaatnya oleh 305 UMKM dari 36 kelompok dengan total anggaran yang dikucurkan sebesar Rp603 juta.

Berdasarkan laporan Bank BJB, hampir 100 persen pinjaman yang digelontorkan, sudah dibayarkan atau dikembalikan oleh para pelaku usaha. Saat ini, Disperindagkop UKM pun tengah memproses peningkatan nilai pinjaman pada Perjanjian Kerja Sama (PKS) pada Bank BJB.

Ia pun menuturkan, sejak 2021 program Tangerang Emas merambah pelaku usaha di bawah binaan masjid-masjid Kota Tangerang yang bekerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI). 

“Ini sebagai langkah nyata, memajukan perekonomian di sekitar masjid, dan menjadi pusat peradaban bagi umat yang dapat membawa kebaikan serta keberkahan masyarakat sekitar,” pungkas Suli Rosadi. 
(korantangsel.com,dini)

Share this:

 
Copyright © 2014 RANSEL. Designed by OddThemes