BREAKING NEWS

Wednesday, October 25, 2023

Banyak Promo, MCU (Medical Check Up) RSUD Kota Tangerang Terus Berinovasi

 

Banyak Promo, MCU (Medical Check Up) RSUD Kota Tangerang Terus Berinovasi

Tangerang Raya, Korantangsel.com- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Salahsatunya ialah pemeriksaan kerohanian untuk keperluan administrasi pekerjaan.

Selain meningkatkan sarana dan prasarana penunjang di dalamnya, kali ini, Poliklini MCU (Medical Check Up) RSUD Kota Tangerang berikan inovasi pelayanan baru yang memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan kesehatan di Rumah Sakit melalui aplikasi perpesanan instant ( WhatsApp-Red ) 08111012545.

" Ya kalau fasilitas Medical Check Up kita insyaallah lengkap ya, ada radiologi, Treadmill ,ada pemeriksaan laboratorium, termasuk ada pemeriksaan untuk kerohanian. Karena-kan memang saat ini sering dibutuhkan untuk pemeriksaan kesehatan rohani atau yang sering disebut dengan Surat Kesehatan Kesehatan  Kejiwaan (SKKJ) . Pemeriksaan dokter spesialis kita juga ada, yang dilakukan oleh Dokter Spesialis Okupasi," kata Dr. Pratiwi Indar Palupi, Dokter Umum MCU, RSUD Kota Tangerang, kapada wartawan, Selasa (24/10/23).

Hal itu mengingat banyaknya minat pemeriksaan kesehatan oleh para calon legislatif yang akan menempuh pesta demokrasi pada 2024 mendatang.

"Ya termasuk, karena banyak misalnya untuk pendaftaran legislatif/bacaleg, itu biasanya memerlukan test Psikometri MMPI/pemeriksaan rohani. Disitu bisa dinilai mengenai kejiwaan seseorang, apakah hasilnya dapat di interpretasi atau tidak" terangnya.

"Banyak, karenakan kita rumah sakit pemerintah ya, jadi kita di tunjuk gitu ya untuk pemeriksaan calon CPNS, P3K, Caleg, seleksi calon pejabat yang lain, serta prasyarat kenaikan jabatan, RSUD Kota Tangerang  menjadi pilihan favorit Masyarakat dalam melakukan pemeriksaan MCU. Melihat peningkatan minat masyarakat dalam pelayanan MCU, RSUD Kota Tangerang terus meningkatkan kualitas pelayanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, sehari itu pasien bisa sampai 250.  Ketersediaan dokter dalam Pelayanan MCU pun terus ditambah " lanjut Dr. Pratiwi.

Banyak Promo, MCU (Medical Check Up) RSUD Kota Tangerang Terus Berinovasi


Selain itu, pemeriksaan kesehatan juga sangat diperlukan bagi para pelamar kerja serta para pelajar sebagai syarat administrasi.

"Untuk persyaratan tergantung dari permintaan dari yang diperiksa, jadi kalau yang di minta hanya keterangan sehat jasmani , pemeriksaan meliputi pemeriksaan  Fisik,  berat badan, tinggi badan, tekanan darah, suhu, pernafasan,  dan BMI ( Body Masa Index) atau IMT Index Masa Tubuh itu untuk mengetahui apakah pasiennya atau klien nya itu untuk menentukan kategori berat badan ideal atau tidak.  Karena itu  akhir akhir ini sangat dibutuhkan untuk CPNS, hal ini terkait persyaratan  yang berlaku," jelasnya.

"Akan tetapi kalau untuk pemeriksaan lebih lanjut misalkan untuk medical check up itukan ada juga pasien pasien yang kronis ya, maksudnya pasien yang kronis itu kaya yang sakit jantung, gagal ginjal, ada juga sih mereka yang melakukan medikal check up sendiri untuk mengetahui perkembangan penyakitnya, nah itu lumayan kalo USG harus puasa dulu, kalau cek darah gula darah itu harus puasa dulu, apalagi untuk melihat Profil Lipid itu ya harus puasa," tambahnya.

Lebih lanjut, Dr. Pratiwi membeberkan, dalam melakukan pelayanan pemeriksaan kesehatan masyarakat juga bisa dapat melakukan pendaftaran secara online melalui aplikasi Whatsapp ataupun offline dengan datang langsung ke RSUD Kota Tangerang.

"Mereka sudah tau biasanya, karena kan kronis ya jadi sudah terbiasa, tapi kalau untuk medical check up biasa ya mereka tidak perlu puasa, apalagi tes narkoba, sama pemeriksaan fisik tidak perlu, tetapi biasanya kita tanya adalah kalau untuk pemeriksaan narkoba/urin itu kita tanya apakah ada obat rutin yang diminum atau obat batuk/obat pilek, karena ada beberapa obat batuk yang didalamnya terkandung codein yang termasuk dalam golongan psikotropika dengan indikasi medis, karena pernah tuh,  CPNS mengikuti test narkoba ternyata hasil urine nya terdeteksi kandungan Zat Psikotropika ,ternyata memang dia baru minum obat batuk, yang kandungannya Codein atau kandungan lainnnya yang dapat mempengaruhi hasil Test tersebut. Namun, sebagai upaya analisis pengumpulan data ,Dokter akan melakukan  anamnesis ulang dan konfirmasi kepada peserta MCU apakah ada  mengkonsumsi obat obatan dalam beberapa hari terakhir," ujarnya.

Kenapa ada yang melakukan medikal check up saat keadaan sehat ?

"Satu untuk melihat resiko yang tidak terduga, kita bisa aja nih misalnya tidak ada keluhan tetapi saat di cek Profil Lipid atau pemeriksaan kolesterol nya engga taunya tinggi nah itu udah faktor resiko, nah saya harus mulai diet, mengurangi kolesterol kaya gitu, yang ke dua untuk mencegah komplikasi," terangnya.

Banyak Promo, MCU (Medical Check Up) RSUD Kota Tangerang Terus Berinovasi


Sementara itu, Eka Gusmanti S. SiT., S.Sos., M.Kes selaku Tim Business Development RSUD Kota Tangerang, juga mengatakan bahwa saat ini RSUD Kota Tangerang melakukan sejumlah promo dengan sejumlah paket pelayanan yang dapat di sesuaikan dengan kebutuhan.

"Jadi RSUD Kota Tangerang sekarang sudah mulai melakukan Branding dan Upgrade dalam pelayanan terkait promo MCU (Medikal Check Up) yang dimiliki, misalnya dalam bentuk kepedulian khusus pada  kesehatan wanita, RSUD Kota Tangerang  memiliki Paket Khusus Kesehatan Wanita, Seperti Paket CINTA (Paket USG Payudara dan Papsmear)
kemudian untuk laki laki juga ada Paket BUGAR (Paket USG untuk pemeriksaan prostat )," tambah Eka.

RSUD Kota Tangerang memberikan pelayanan terbaik salah satunya dengan bentuk , banyaknya paket yang dibutuhkan oleh masyarakat khususnya seperti saat ini untuk Perusahaan dan para pekerja.

"Untuk pemeriksaan MCU Karyawan atau MCU dari Perusahaan/Instansi, kami memiliki layanan Poliklinik Okupasi, dimana pemeriksaan  ini akan dilakukan Oleh dr. Sri Roslina Sp.OK, MKK. Poliklinik Okupasi ini di tujukan untuk perusahaan atau pekerja yang Uji Kelaikan Kerja. Dokter Spesialis Kedokteran Okupasi memeriksa, menganalisis dan menyimpulkan kondisi kesehatan peserta MCU yang temuannya dihubungkan dengan pekerjaan yang akan, sedang atau telah dilakukan oleh peserta MCU. Oleh karena itu, kondisi kesehatan peserta MCU menjadi fokus perhatian pemeriksaan kesehatan personel hanya ada maknanya apabila benar-benar memberikan informasi yang memadai mengenai hubungan timbal balik antara kondisi kesehatan tersebut dengan pekerjaan personel yang bersangkutan termasuk lingkungan kerjanya. Beberapa perusahaan yang telah bekerjasama  misalnya dari PT Pos Indonesia Cabang Tangerang, BKPSDM Pemerintah Kota Tangerang, POLTEKIM dan POLTEKIP, serta perusahaan lainnya. kami telah melakukan kesepakatan bersama dan Perjanjian Kerjasama dalam pelayanan ini," lanjutnya.

Eka pun mengungkap, RSUD Kota Tangerang memiliki satu innovasi  pelayanan MCU PRIORITAS , yaitu adanya Penanggung jawab Koordinator perusahaan dengan koordinator RSUD , agar para peserta MCU mendapatkan Fasilitas One Stop Service.

"Kita berikan fast tracking dimana kordinator antar perusahaan dan kordinator di RSUD ini kita melakukan kordinasi sehingga ketika peserta MCU datang kita sudah urus, mulai dari pendaftarannya tanpa antrian, kemudian pemeriksaan dokter spesialis lainnya bahkan sampai pembiayaannya itu sudah kita koordinir, sehingga dapat mengefesiensi waktu dan menambah kenyamanan bagi peserta MCU. untuk melakukan layanan MCU Prioritas, dapat menghubungi  Tim Business Development atau HUMAS RSUD Kota Tangerang" terang Eka.

Untuk pasien umum, kata Eka, RSUD Kota Tangerang punya banyak promo menarik MCU.

"Contoh seperti kita  mau untuk check fungsi ginjal  itu ada paket  tersendiri. atau apabila ada permintaan khusus dari peserta MCU atau Perusahaan ,Kami akan sesuaikan kebutuhan pelanggan mulai dari kebutuhan jenis pemeriksaan sampai dengan pembiayaan yang dapat disesuaikan. Sehingga pelayanan tetap Nyaman, Terjangkau, Terpercaya sesuai dengan Branding RSUD Kota Tangerang ," katanya.

RSUD Kota Tangerang dalam melakukan Sinergitas Pelayanan Publik, akan melakukan Edukasi Kesehatan berbasis Promosi Kesehatan dengan melakukan edukasi kesehatan pada 5 Lembaga Pemasyarakatan yang ada di Kota Tangerang, guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Adapun edukasi yg diberikan seputar kesehatan mental, kebersihan Kulit dll. Untuk itu, RSUD Kota Tangerang dalam pelayanan MCU (Medical Check Up) dapat terus berkembang dan terus memberikan inovasi yang harganya terjangkau, terpercaya dan bisa dinikmati oleh masyarakat khususnya masyarakat Kota Tangerang," tandasnya. (Ys)

Share this:

 
Copyright © 2014 RANSEL. Designed by OddThemes