BREAKING NEWS

Saturday, October 7, 2017

ENGINEERING FOR KIDS, AJARKAN STEM PADA ANAK SEJAK DINI

NASIONAL,korantangsel.com- Mengajarkan anak mengenai science, tecknology, engineering dan math (STEM) sejak dini, akan mendukung anak memililik kemampuan berpikir yang logis dan kritis. Kemampuan untuk menguasai keempat pengetahuan ini akan sangat bermanfaat di masa depannya nanti. 

Sebagai salah satu tempat pendidikan informal, Engineering for Kids yang berada di Summarecon Digital Center, akan mengubah paradigma itu dengan menghadirkan metode pembelajaran yang fokus pada upaya mengubah pola pikir anak dalam mengkritisi suatu hal.

Managing Director Engineering for Kids, Shintia mengatakan metode pembelajaran ditempat ini lebih mengajak anak untuj berinteraksi , diskusi mengenai engeneering. Sehingga tidak monoton, dan tidak banyak hafalan.

Shintia mencontohkan, seperti bagaimana kapal dapat mengapung di laut. Pada kasus ini, setiap anak diajak untuk bereksperimen dengan menciptakan kapal laut berdasarkan pemikirannya masing-masing. Apa yang dipelajari anak dapat langsung diaplikasikan ke dalam bentuk nyata. Tidak sebatas pada teori.

“Suasana belajar di kelas pun jadi menyenangkan dan tidak membosankan. Sebab, anak kami ajak bermain sambil mempelajari sesuatu. Dengan begitu, selain akademisnya dapat, soft skill anak juga terlatih,” papar Shintia.

Ia menerangkan, Engineering for Kids menyediakan tiga level belajar untuk anak berusia 4-14 tahun, yaitu Junior Engineers, Apprentice Engineers, dan Master Engineers. Kegiatan belajar digelar satu kali dalam sepekan selama 60 hingga 90 menit. Agar berjalan efektif, jumlah anak dalam satu kelas pun dibatasi. Maksimal 15 hingga 20 anak.

 “Ada 6 tahapan yang kami jadikan pijakan dalam mengajar, ask, brainstorm, design, built, test, dan improve. Tiga bulan berjalan, kami sudah memiliki 350 siswa. Beberapa di antaranya bahkan sudah mampu berprestasi, seperti membuat roket dari botol bekas yang bisa terbang setinggi 45 meter,” pungkasnya.


Share this:

 
Copyright © 2014 RANSEL. Designed by OddThemes