BULAN PUASA PENGUSAHA DODOL KEBANJIRAN PESANAN - RANSEL
Headlines News :
Home » » BULAN PUASA PENGUSAHA DODOL KEBANJIRAN PESANAN

BULAN PUASA PENGUSAHA DODOL KEBANJIRAN PESANAN

Written By ADMIN on Monday, July 14, 2014 | 10:58 PM

PENGUSAHA DODOL
TANGERANG SELATAN,korantangsel.com- Bagi sebagian orang muslim, Lebaran kurang lengkap jika tidak menghidangkan makanan-makanan unik. Beragam penganan asal daerah banyak yang akhirnya menjadi ciri khas atau muncul saat menyambut Idul Fitri. Salah satu jenis makanan tradisional khas lebaran adalah Dodol Betawi. Sejak puluhan tahun lalu, warga asli Betawi selalu melengkapi Hari Raya dengan makanan khas berbahan dasar beras ketan ini.

Bulan puasa dan jelang lebaran pesanan dodol betawi selalu meningkat dibandingkan hari biasa. Tidak heran tingginya permintaan terhadap penganan ini membuat harganya juga ikut-ikutan naik.

Salah seorang pembuat dodol betawi di Kampung Cilenggang Kota Tangerang Selatan Banten yang kebanjiran pesanan adalah Asep Jaya. Dirinya telah menekuni bisnis dodol betawi sejak 20 tahun lalu, yang merupakan usaha turun temurun. Setiap harinya di bulan ramadhan ini, Asep bisa membuat dodol hingga 6 kwintal.

Dodol bikinan Asep dibandrol dengan harga 35 hingga 40 ribu rupiah per kilogram, tergantung banyaknya pesanan. Harga tersebut bisa melambung saat mendekati lebaran menyusul permintaan yang semakin ramai. Membuat dodol memang membutuhkan tenaga ekstra, berbahan beras ketan, gula merah dan santan kelapa, adonan harus diaduk selama enam jam setengah sejak awal hingga menjadi dodol, kebutuhan akan tenaga inilah yang menjadikan harga penganan ini relatif mahal.

Meski demikian, warga tampaknya menganggap harga yang ditawarkan sepadan dengan kelezatan menikmati dodol. Banyaknya pesanan menjelang lebaran mendorong Asep meningkatkan produksinya dengan melibatkan 20 orang tetangganya sebagai tenaga kerja.

Pelanggan Asep bukan hanya dari dalam Kota Tangerang Selatan saja melainkan dari berbagai daerah diseluruh Indonesia. Sebagian pelanggan memesan dodol betawi untuk di bawa pulang kekampung halaman menjelang lebaran idul fitri nanti.

Memilih bahan-bahan berkualitas dan penanganan proses yang higienis menjadi andalan asep dalam pengolahan. Seperti dengan memilih beras ketan bermutu, gula aren, untuk menghasilkan dodol betawi yang berkualitas.

Bagaimana dengan anda, apakah sudah menyiapkan dodol betawi untuk lebaran nanti??...........


(korantangsel.com, ahmad baihaqi & milhan wahyudi)
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

Note: Only a member of this blog may post a comment.

 
Support : Editor Website
Copyright © 2011. RANSEL - All Rights Reserved
www.korantangsel.comBeranda|Info Iklan

INFORMASI SEPUTAR KOTA TANGERANG SELATAN DAN SEKITARNYA