BREAKING NEWS

Thursday, January 23, 2014

HARMONIA : YUK, MENGENAL BAHAN PEMUTIH HERBAL

Syifa Komalasari
KECANTIKAN, korantangsel.com- Kulit putih identik dengan cantik. Oleh karena itu, kebanyakan kaum hawa berlomba-lomba mencoba berbagai produk kecantikan untuk memutihkan kulit dan menghilangkan masalah hiperpigmentasi. Tetapi, apakah semua produk pemutih itu aman untuk digunakan.

Dr. Syifa Komalasari, SpKK (K) RS Awal Bros, Klinik Kecantikan dan Kulit Harmonia Tangerang menjelaskan, pemutih merupakan keadaan hilang atau rusaknya pigmen terutama melanin. Sedangkan bahan pemutih adalah bahan yang digunakan untuk menghilangkan pigmentasi kulit.

Untuk bahan pemutihnya sendiri, Syifa menambahkan, dapat diklasifikasikan berdasarkan cara kerja dan bahan aktifnya. Seperti apakah bahan pemutih tersebut terbuat dari bahan sintetis atau alami yang berasal dari tanaman, hewan dan mineral, atau cara kerja dari bahan pemutih tersebut dapat menghambat transfer melanosom, serta mengakibatkan sitotoksik melanosit.

pemutih herbal

Melihat begitu banyaknya bahan pemutih yang digunakan, Syifa beranggapan, saat ini banyak dikembangkan penelitian untuk mencari bahan pemutih dari herbal. Seperti arbutin yang terdiri dari molekul hidrokuinon dan berikatan dengan glukosa, dan berasal dari daun pohon pear, gandum, cranberryblueberry, dan bearberry, aloesin merupakan C-glycosilated chromone yang diisolasi dari tanaman lidah buaya, dan terbukti dapat menghambat enzim tirosinase secara kompetitif, ekstrak licorice merupakan bahan pemutih paling aman dengan efek samping paling sedikit, sehingga sering digunakan pada bahan kosmetik, seperti alas bedak atau pelembab, ekstrak mulberry, kedelai, niasinamid, asam askorbat, dan asam glikolat.

“Pemutih yang menggunakan bahan alami atau herbal, memang aman. Namun kesulitan penelitian dengan menggunakan ekstrak herbal adalah, menentukan penghantaran bahan aktif dengan konsentrasi yang diinginkan melewati stratum koreum yang utuh. Tentu ini disebabkan karena perbedaan kelarutan, polaritas, ukuran dan struktur berbagai metabolit sekunder di dalam satu ekstrak herbal,” paparnya.

Berikut beberapa produk bahan pemutih herbal yang beredar di pasaran…


Nama produk
Komponen bahan herbal
Skin brightener
Arbutin, lumiskin (diacetyl boldine),  vitamin C 
Skinbright
Arbutin, asam kojik, ekstrak lemon
Lucederm®
Niasinamide, α-arbutin, asam kojik, mulberry, bearberry, licorice, lemon
Meladerm®
Asam kojik, Î±-arbutin, niasinamid, mulberrry, bearberry, licorice, lemon, emblica
Toseki® whitening cream
Glycyrrhetinic acid, ginseng, houttuynia, horse chestnut, africa, daun anggur, mulberry,  peony root Japanese angelica root
Melanox ES®
Asam kojik 2%, asam laktat 3%, rhumex 2%
Arbutin whitening cream midday
Arbutin
Arbutin whitening cream night
Arbutin, asam kojik
SER-C® serum vitamin C dosis tinggi
Magnesium Ascorbyl Phosphate
Niacef®
niasinamid 4%
Dermo spot whitening®
Citric acid
Dermo white®
Asam kojik (1%), vitamin C (Magnesium ascorbyl Phosphate ) dalam liposom (1%)
EmblicaTM
Emblicanin
Ronacare®
Magnesium ascorbyl phosphate
Ronacare® lactic acid
2-Hydroxypropionic acidLactol
Ronacare® nicotinamide
Nikotinamid, niasinamid, 3-Pyridinecarboxamide
Ponds flawless white
Niasinamid
Pynocare®
Ekstrak French Maritime Pine Bark, vitamin C, ekstrak salina, karotenoids                                                          




Share this:

 
Copyright © 2014 RANSEL. Designed by OddThemes